Berita

PKS Segera Tentukan Oposisi atau Gabung Prabowo, PAN Ingatkan Hal Ini

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menggelar Rapat Majelis Syuro untuk menentukan sikap bergabung dengan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming atau menjadi oposisi. Waketum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya menghormati keputusan yang akan diambil PKS.

“Soal PKS mau bergabung di koalisi pemerintahan atau di luar pemerintahan, PAN tidak boleh ikut campur urusan rumah tangga orang karena itu adalah urusan internal PKS,” ujar Viva Yoga saat dihubungi, Rabu (15/5/2024).

Viva Yoga mengingatkan PKS untuk satu visi dan misi jika nantinya memutuskan bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran. Salah satunya yakni mendukung food estate hingga makan siang gratis.

“Kalau kemudian PKS bergabung ya tentunya harus mengikuti, harus ikut, harus bersama-sama satu visi dengan Koalisi Indonesia Maju untuk mendukung dan merealisasikan visi dan program Pak Prabowo dan Mas Gibran,” tuturnya.

“Kalau dulu menolak food estate, menolak makan siang gratis dan menolak IKN, maka kalau bergabung ya harus menerima secara keseluruhan visi dan program Pak Prabowo dan Mas Gibran yang dokumen resminya sudah ada di KPU RI,” sambungnya.

Namun, jika nantinya PKS berada di luar pemerintahan, ia menilai hal ini baik. Sebab menurutnya, PKS dapat membangun proses check and balance kebijakan pemerintahan.

“Kalau kemudian PKS menyatakan berada di luar pemerintahan ya itu bagus juga karena PKS terlatih menjadi kekuatan oposisi dalam tanda petik, dan juga akan dapat membangun proses check and balances dalam kehidupan berdemokrasi, dapat melakukan fungsi kontrol terhadap jalannya kekuasaan sehingga proses-proses demokrasi, dengan adanya kontrol akan berjalan bagus,” kata Viva Yoga.

Meski begitu ia memastikan PAN akan mengikuti keputusan yang diambil Prabowo terkait akan bergabung atau tidaknya PKS.

“Tapi semuanya dikembalikan pada presiden dan wakil presiden tentang efisiensi PKS, hubungan PKS dengan koalisi pemerintahan. PAN akan mengikuti keputusan dari Pak Presiden Prabowo,” ujarnya.

PKS Segera Putuskan Oposisi atau Koalisi

Sebelumnya, PKS akan menggelar rapat Majelis Syukor bulan depan. Rapat tersebut untuk membahas sikap PKS apakah bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran atau kembali menjadi oposisi.

“Mungkin bulan depan. Tapi nanti akan dikabari,” ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera dilansir detikNews, Selasa (14/5).

Mardani menegaskan rapat Majelis Syuro digelar untuk menentukan arah politik PKS ke depan.

“(Jadi oposisi atau koalisi pemerintah) Itu akan diputuskan di Majelis Syuro,” tambahnya.

Sumber
news.detik.com
Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Managed by TIM Dev Penyedia Jasa Pariwisata Terbaik di Jogja heppitrip.com

Back to top button