Berita

Harap Jokowi Tetap Aktif Usai 2024, PAN Usul Dirikan ‘Jokowi Institute’

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin kembali ke Solo setelah masa jabatannya selesai di 2024. PAN berharap Jokowi tetap aktif dan memberikan kontribusi, semisal mendirikan yayasan hingga lembaga kajian.

“Saya berharap bahwa setelah purnatugas sebagai presiden, hendaknya Pak Jokowi tetap aktif, berkiprah, dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia. Apakah akan mendirikan yayasan, lembaga pengkajian, riset, sosial budaya, atau Jokowi institute. Hal ini diperlukan agar kinerja pemerintah ke depan dapat semakin meningkat melalui partisipasi dari kekuatan civil society,” kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Senin (14/11/2022).

Viva mengapresiasi niat Jokowi yang ingin fokus di sektor lingkungan. Dia berharap Jokowi dapat memanfaatkan jaringan ketokohannya dalam pelestarian lingkungan dan sumber daya alam di Indonesia.

“Jika Pak Jokowi nanti akan fokus di bidang lingkungan dan sumber daya alam hayati, hal itu adalah pilihan pengabdian yang bagus dan akan dapat bermanfaat bagi pembangunan nasional. Karena persoalan lingkungan, climate change, dan konservasi telah menjadi faktor penting bagi seluruh negara di dunia,” ucapnya.

“Dengan memanfaatkan jaringan, ketokohan, dan para kolega internasional, tentu akan membawa manfaat bagi program pelestarian lingkungan dan konservasi sumber daya alam hayati di Indonesia,” lanjut Viva.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan rencana kegiatan setelah masa jabatannya sebagai presiden selesai pada 2024. Jokowi akan kembali ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

“Saya akan kembali ke kota saya, Solo. sebagai rakyat biasa,” kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan The Economist yang ditayangkan di YouTube, seperti dikutip, Minggu (13/11).

Jokowi ingin terlibat dalam kegiatan di sektor lingkungan setelah tak lagi menjabat presiden.

“Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup,” ujar Jokowi.

(eva/rfs)

Sumber
news.detik.com
Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button