Berita

PAN: Jika KIB dan KIR Lebur Jadi Satu, Paslon yang Diusung Pasti Menang

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyambut baik usulan dan wacana peleburan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan PAN, Golkar, dan PPP dengan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) bentukan Gerindra-PKB menjadi satu koalisi. Menurut Viva, jika digabung menjadi satu koalisi, maka pasangan capres-cawapres yang diusung di Pilpres 2024, pasti menang.

“Bayangkanlah betapa bila koalisi KIR ditambah KIB maka akan menambah kekuatan politik dan menambah basis konstituen di Pilpres 2024. Dengan demikian paslon yang akan diusung berpotensi untuk memenangkan pilpres,” ujar Viva kepada wartawan, Sabtu (11/2/2023).

Viva juga mengaku tidak khawatir jika PKB gabung bersama KIB. Menurut dia, hal tersebut justru saling menguatkan karena PKB dan KIB memiliki basis konstituen masing-masing. “Itu akan saling menguatkan, tidak akan jeruk makan jeruk karena masing-masing partai politik yang di KIB telah memiliki basis konstituennya masing-masing,” tandas Viva.

Viva menilai PKB akan menjadi energi baru bagi KIB dan sebaliknya, KIB akan menjadi energi terbarukan bagi PKB dan koalisi KIR. Dia pun sempat bercanda, kalau singkatan PKB bukan hanya Partai Kebangkitan Bangsa, tetapi juga bisa PKB diartikan Partai KIB Banget.

“Soal siapa yang akan diusung sebagai paslon di pilpres, akan ditentukan kemudian. Hal itu tidak akan terlalu rumit dan dibuat sederhana saja. Tidak akan voting, tetapi melalui musyawarah mufakat,” ungkap dia.

“Yang penting seluruh anggota koalisi dapat menerima platform dan kerja koalisi untuk 10 tahun ke depan. Untuk itu maka paslon yang diusung wajib menang,” pungkas Viva.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sama-sama membuka peluang meleburnya 2 koalisi KIB dan KIR. Airlangga menyebutkan, peleburan tersebut menambah kekuatan koalisi yang berisi partai pendukung pemerintah itu.

“Dua-duanya mengajak. Jadi kalau dua-dua bergabung lebih kuat lebih baik. Dan jangan lupa ini semua partai pemerintah,” ujar Airlangga di kawasan Istora Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2023).

Pada kesempatan yang sama, Cak Imin menanggapi positif peluang bersatunya dua koalisi. Menurutnya, penyatuan dua koalisi dapat menjadikan proses pemilu semakin efektif. Cak Imin juga menambahkan bahwa yang terpenting adalah kedua koalisi saling menyamakan visi dan tujuan

“Oh sangat bagus semakin banyak barisan koalisi semakin efektif proses Pemilu nya semakin baik yang penting adalah menyamakan visi target dan tujuan itu yang paling penting jadi kita berharap partai partai mari kita samakan visi dan tujuan dan target sehingga kita betul betul siap tidak mendadak dalam mengambil langkah langkah strategis,” pungkas Cak Imin.

Sumber
beritasatu.com
Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button