Berita

PAN Sambut Positif Anies Siap Maju Capres 2024

Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan siap menjadi calon presiden (capres) di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menilai pernyataan Anies itu merupakan hal yang baik dalam proses demokrasi di Indonesia.

“Jika Mas Anies Baswedan menyatakan siap maju sebagai calon presiden, PAN mengapresiasi dan hal itu akan baik dalam proses kehidupan berdemokrasi di Indonesia,” ujar Viva saat dihubungi, Jumat (16/9).

Viva mengaku Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PAN 2022 memang memasukkan nama Anies sebagai salah satu tokoh yang diusulkan untuk diusung di Pilpres 2024.

Namun, kata Viva, belum ada satu parpol pun yang secara resmi mengusung Anies untuk kontestasi politik lima tahunan mendatang.

Ia menegaskan PAN akan menetapkan pasangan capres-cawapres yang akan diusung bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Golkar dan PPP.

“PAN akan menetapkan paslon bersama dengan Golkar dan PPP di KIB. Sekarang masih dalam proses monitoring dan diskusi yang mendalam. Bila tiba masanya, KIB akan mengumumkan secara resmi,” katanya.

Sebelumnya, Anies mengatakan siap untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2024 mendatang jika ada partai politik yang meminangnya.

“Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika ada partai mencalonkan saya,” kata Anies seperti diberitakan Reuters di Singapura, Kamis (16/9).

Dengan tidak menjadi anggota partai politik (parpol) manapun, kata Anies, hal itu memberikan dia kesempatan untuk berkomunikasi dengan semua parpol.

Anies mengatakan sejumlah survei telah memberinya kredibilitas dengan menempatkan dirinya sebagai salah satu tokoh yang akan bertarung dalam kontestasi nasional.

(mts/fra)

Sumber
www.cnnindonesia.com
Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button