Berita

Wakil Ketua Umum PAN: Menang atau Kalah Pilpres, Politik Akomodasi tetap Berjalan

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan menang atau kalah dalam kontestasi pemilihan pilpres (pilpres), politik akomodasi akan terus berjalan.

Hal ini akan terjadi karena menurut Viva, partai politik (parpol) dewasa ini berpikir rasional dalam rangka membangun bangsa bersama-sama.

Hal ini Viva katakan saat jadi pembicara di Acara Launching Panggung Demokrasi Kaukus Muda Indonesia (KMI) di Kantor KMI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2022).

“Tapi saya yakin siapapun yang menang, siapapun yang kalah, proses pollitik akomodasi akan tetap berjalan,” ujar Viva.

Ia lalu mengambil contoh Pilpres 2019 lalu dimana pertarungan antara Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan (Menhan) dalam merebut kursi nomor satu RI begitu ketat.

Namun, pada akhirnya, persaingan ini pun pecah ketika Prabowo direkrut masuk dalam Kabinet Inonesia Maju menjadi Menhan.

“Bagaimana dulu Prabowo Jokowi seakan dunia mau runtuh, seakan seperti minyak dan air, tapi kemudian terpecahkan ketika Prabowo jadi kabinet di menteri Jokowi,” jelas Viva.

Sehingga, Viva menegaskan ini merupakan hal yang biasa, sebab akomodasi politik menjadi jalan untuk bersama-sama membangun bangsa.

“Ini proses akomodasi politik untuk bangun bangsa bersama-sama, jadi kalau kemudian kalah menang itu biasa. Saya yakin akan ada politik akomodasi dan itu salah satu cara perkuat nation state Indonesia,” tegasnya.

Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button